Senin, 11 November 2013

SENANGNYA BERBAGI AL QUR'AN

Sabtu Malam, 2 November 2013 22:00 WIB
checking akhir jumlah Al-Qur'an telah selesai. di bawah gerimis hujan dari langit gelap kota Kudus, kami angkut beberapa kardus besar berisi total 200an mushaf Al-Qur'an batuan (baik baru maupun lama) menuju mobil yang parkir agak jauh, karena tidak memungkinkan masuk ke gang samping PP. Ath-Thullab TBS. berangkat dari kawasan kudus kulon, kami lantas mampir di jekulo guna menjemput teman kami Rusdi yang membawa 1 dus Al-Qur'an tambahan, sebelum akhirnya mobil dipacu melibas malam menuju lokasi tujuan kami, Kota Ledre Bojonegoro, dengan rincian partisipan:
1) M. Salahuddin Al-Ayyubi domisili PP. Ath-Thullab TBS Kajeksan asal Bojonegoro
2) Rusdi domisili PP. Qoumaniyyah Bareng asal Bojonegoro
3) Ust. Faza Ersyada domisili PP. Yanbu'ul Qur'an Kelurahan asal Jepara
4) Ust. Noor Haris domisili PP. Yanbu'ul Qur'an Kelurahan asal Pati
5) Pak Nuryanto (Driver asal Jepara)

Ahad dini hari, 3 November 2013 03:00 WIB
tanpa hambatan berarti, akhirnya kami sampai di basecamp tempat istirahat tim, yakni di rumah M. Salahuddin Al-Ayyubi. kami maksimalkan waktu yag terbatas untuk tidur, salat subuh, checking perlengkapan serta geladi resik pelatihan.

Ahad pagi, 3 November 07:30 WIB
dengan dikawal Pak Hamid Arifin, salah satu staf pengajar di Madrasah Tsanawiyah & Aliyah Al-Arqom, kami menuju lokasi madrasah yang hanya berjarak 4 KM dari basecamp. melewati persawahan, bantaran sungai Bengawan Solo, serta berjajar penambangan pasir & home industry batu bata, kami tiba di lokasi dengan disambut jajaran staf & siswa(i) madrasah.
kegiatan dimulai dengan opening ceremony dari madrasah dilanjutkan penyerahan secara simbolis bantuan Al-Qur'an kepada perwakilan OSMA (Organisasi Siswa Madrasah Al-Arqom). dari total 160-an siswa-siswi yang hadir (dan sekaligus jumlah total siswa-siswi MTs & MA tahun ajaran ini), terdistribusikan 143 mushaf Al-Qur'an kepada madrasah, yang tak hanya akan digunakan peserta pada pelatihan hari ini, tapi juga untuk mendukung pelaksanaan bimbingan mengaji siswa-siswi yang diadakan setiap harinya pada pukul 06.30 WIB.
tak hanya terfokus pada pendistribusian Al-Qur'an saja, pada momen akhir tahun 1434 hijriyah ini juga kami adakan pelatihan baca tartil & gharib Al-Qur'an sebagai wujud kepedulian Pondok Pesantren Kudus khususnya, kepada generasi muda islam di daerah-daerah yang membutuhkan.
maka, setelah Al-QUr'an terbagi kepada para siswa-siswi, kedua Ustadz dari Pondok Tahfidh Yanbu'ul Qur'an yang memang sudah teruji kompetensi ilmu Qur'annya memulai pembacaan secara estafet bacaan-bacaan gharib dari awal juz 1 dengan dipandu leader tim, Kang Ayyubi, melibatkan dokumentasi gambar dan video yang di-handle oleh Kang Rusdi.
Ustadz Faza & Ustadz Haris terbukti piawai dalam menghadapi antusiasme para peserta. beberapa intermezzo khas pelatihan motivasi sempat digulirkan demi mencairkan suasana yang kadang tegang. tak hanya penasaran dengan cara-cara membaca Al-Qur'an yang mungkin baru didengar pertama kali, para peserta juga diajak bersama-sama melakukan 'senam bibir' khas Yanbu' dalam belajar makhraj atau tartil, yakni rumus M3 (mangap, mecucu, mecece). sayangnya, kami tak bisa memaksa waktu untuk bekerja sama, sehingga karena situasi yang sudah tidak kondusif, kami lewatkan beberapa juz untuk bisa mengakhiri kegiatan dengan juz 30 sebagai prioritas utama. pukul 12:15 WIB, kegiatan ditutup dengan mushofahah (berjabat tangan bersama) antara anggota tim, staf pengajar dan para siswa.

Ahad sore, 3 November 2013 16:30 WIB
setelah cukup puas beristirahat usai kegiatan tadi siang, berbekal doa restu dari keluarga Kang Ayyubi, kami berangkat menuju lokasi kedua pendistribusian bantuan Al-Qur'an di desa/kecamatan Purwosari, sebuah daerah di sebelah barat Kota Bojonegoro, sekitar 12 KM di sebelah timur perbatasan Jawa Tengah. masih tersisa 113 mushaf Al-Quran yang akan kami berikan secara cuma-cuma kepada sahabat kami, Darsono yang ceritanya sedang merintis halaqah pengajian Al-Qur'an untuk anak-anak kampung. seorang sahabat asli Grobogan Jawa Tengah yang mendadak jadi 'ustadz'
setelah menikah dan tinggal di kampung istrinya.

hanya berjarak beberapa menit dari keramaian masjid jami' kecamatan tempat kami menunaikan salat maghrib, pemandangan kontras kami temui di desa lokasi tujuan kami, yang terlihat lebih 'tenang' dan 'sederhana'. Mas Darsono, begitu kami memanggilnya, sampai meliburkan pengajian 'santrinya' karena menanti kami sejak sore tadi, yang memang agak terhambat dengan perbaikan ruas jalan Bojonegoro-Gayam.
sama seperti sambutan yang kami terima di lokasi pertama tadi pagi, Mas Dar juga merasa tersanjung sekaligus tak menyangka atas kedatangan tim kami. apalagi dengan membawa bantuan Al-Quran yang memang sangat dibutuhkannya, yang nantinya akan didistribusikan sendiri dengan tujuan mendukung minat anak-anak kampung yang telah bersedia menjadikannya guru Al-Qur'an, walaupun dengan kompetensi pas-pasan, kata beliau.
layaknya sahabat yang lama tak jumpa, tukar pengalaman di antara kami juga tak terhindari. cerita-cerita khas pesantren serta pengalaman sosial terjun menyiarkan Al-Qur'an di masyarakat menghangatkan suasana malam ini. akhirnya, setelah penyerahan secara simbolis dilakukan, kami pun berpamitan menempuh kembali perjalanan ke kota Kudus.

Ahad malam, 3 November 2013 20:00 WIB
melewati ramainya jalan Padangan-Cepu yang lalu kontras dengan sepinya jalur Cepu-Blora-Rembang, serta jalanan mulus pantura Rembang-Pati-Kudus, alunan kemudi yang stabil & mumpuni polesan Pak Nuryanto membantu kami finish di depan kompleks Pondok Tahfidh Yanbu'ul Qur'an pada pukul 23:00 WIB. tak berselang lama, oleh-oleh berupa makanan ringan dan berat yang kami rangkum dari berbagai persinggahan tadi, ludes dalam kepungan para santri. belajar berbagi, itulah yang kami agungkan & kami tularkan dari Pondok Pesantren.


Terima Kasih kepada Rekan, Sahabat, Guru, Pelajar, Santri dan Orang yang bahkan tidak kami kenal,
atas bantuan moril & materil, khususnya Mushaf Al-Qur'an yang melebihi ekspektasi kami semula, sehingga terkumpul 259 buah Mushaf yang diamanahkan kepada kami untuk disalurkan kepada mereka yang lebih membutuhkan.

jazakumullah ahsanal jaza'. kiranya hanya Allah yang bisa membalas lebih, untuk antum:

KH. M. Ulil Albab Arwani Yanbu'ul Qur'an Pusat, Kelurahan Kudus
KH. Syaeun Adhim Yanbu'ul Qur'an Remaja, Bejen Kudus
KH. Sufyan Tsauri Burikan Kudus
KH. Arifin Noor Singocandi Kudus
Bp. Abdullah Syahad Pilanggede Balen Bojonegoro
Bp. Hamid Arifin dkk. Al-Arqom, Sarirejo Balen Bojonegoro

Bp. Nur Said STAIN Kudus
Ibu Anisa Listiana STAIN Kudus
Ibu Efa Ida Amaliyah STAIN Kudus
Kelas IQT Ushuluddin STAIN Kudus
Kang Supriyanto dkk. STAIN Kudus
Kang Ayyubi Ath-Thullab TBS, Kajeksan Kudus
Kang Rusdi dkk. Qoumaniyyah, Bareng Kudus
Kang Sahal dkk. Darul Falah, Bareng Kudus
Kang Rohmad dkk. Yanbu'ul Qur'an Pusat, Kelurahan Kudus
Ibu Nur El-Qudsy, Demaan Kudus
Kang Izul TBS Kudus
Kelas XII MAN 2 Kudus
Pak Mursidi dkk. Kantor Pos Kudus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar